Rabu, 03 Februari 2016

travel umroh di depok

travel umroh di depok 081212299796



1. Niat umroh.
Hal pertama yg mesti anda miliki dan siapkan adalah NIAT yg kuat! Percayalah, dengan niat yg kuat maka insya ALLOH anda akan ditolong oleh ALLOH SWT dalam menyiapkan hal2 lainnya, terutama jika memang anda sudah saatnya diundang ALLOH SWT untuk berkunjung ke rumah-Nya.
2. Travel dan pembimbing umroh.
Langkah berikutnya adalah mencari travel dan pembimbing umroh. Saran saya, dalam mencari travel dan pembimbing umroh ini anda bisa cari referensi dari googling ataupun teman-teman yg pernah umroh/haji sebelumnya. Sebaiknya mencari travel yg cukup bonafid, meski untuk itu anda mesti membayar lebih mahal. Ada kejadian teman umroh, dia pernah ditipu travel penyelenggara umroh sekitar 1-3 tahun lalu. Uang sebesar Rp 10 miliar hilang dibawa pengurus dan pemilik travel, yg masih buron hingga saat ini.
Pastikan juga travel tersebut mempunyai pembimbing umroh yg baik. Pengalaman saya, travel yg saya gunakan tidak mempunyai pembimbing umroh yg memadai sehingga menyulitkan bagi yg belum pernah umroh sebelumnya, seperti saya. Syukur alhamdulillah, ada teman umroh saya yg sudah beberapa kali umroh sehingga saya bisa mendapatkan ilmu umroh yg cukup memadai dari beliau.
Cek juga hotel dan penerbangan yg disediakan oleh travel. Saran saya, cari travel yg menyediakan penerbangan Jakarta-Jeddah (tidak perlu transit) dan hotelnya sedekat mungkin dengan masjid Nabawi dan Masjidil Haram untuk mempersingkat jarak tempuh dan membuat anda lebih konsentrasi untuk ibadah. Resikonya, travel yg menyediakan kedua hal itu biasanya cukup mahal, tapi ada juga yg cukup murah kok!
3. Waktu pelaksanaan umroh.
Umroh bisa dilakukan kapan saja, selain musim haji (bulan Dzulhijjah). Saran saya, jika anda masih muda dan sehat, ada baiknya anda umroh di bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan umroh di bulan Ramadhan mempunyai kelebihan dibandingkan dg bulan-bulan lainnya. Simak hadits berikut ini:
“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama dengan haji atau haji bersamaku.” (HR Al-Bukhari)
Namun perlu diperhatikan juga, bulan Ramadhan jatuh pada bulan apa. Jika Ramadhan jatuh di bulan Juni – September, maka anda mesti bersiap dengan cuaca tanah suci yg cukup ekstrim. Saat saya umroh, suhu di Mekkah mencapai 48 derajat Celcius. Jika anda ingin umroh Ramadhan yg cukup adem, anda bisa lakukan pada saat Ramadhan di bulan Peb – Juni. Berarti sekitar tahun 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar